Tari Kipas: Sejarah Hingga Mistosnya

Tari kreasi kipas
commons,wikimedia,org/
Daftar isi

Tari Kipas atau biasa disebut dengan Tari Kipas Pakarena adalah tari tradisional dari Gowa, Sulawesi Selatan. Kata pakarena diambil dari kata karena yang memiliki arti “bermain”. Sehingga, tarian tradisional ini memiliki arti tarian yang ditarikan dengan memainkan kipas. Beragamnya kesenian tradisional khususnya seni tari di Indonesia tak habis-habisnya jika kita menguliknya satu-persatu. Sebagai warga negara Indonesia, Anak Nusantara harus bangga akan hal tersebut. Lebih dari itu, kita harus turut menjaga dan melestarikannya. Kali ini Munus akan membahas Tari Kipas Pakerena lebih lanjut. Yuk, langsung saja kita simak!

Sejarah

Tari tradisional yang berasal dari Gowa satu ini dipercaya sebagai tarian peninggalan dari kerajaan Gowa dan dahulu pernah berjaya di Sulawesi Selatan. Meski kerajaan telah lama runtuh, tari ini diwariskan secara turun-temurun dan menjadi tradisi yang tetap dilestarikan hingga saat ini. Masyarakat Gowa sering mementaskan tarian ini sebagai promosi pariwisata di Sulawesi Selatan. Tari tradisional ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Gowa karena konsepnya yang unik

Kepercayaan di Tengah Masyarakat

Walau tidak ada bukti tertulis, terdapat cerita rakyat dan mitos yang berkembang ditengah masyarakat terkait tarian ini. Tari tradisional yang satu ini selalu dikaitkan dengan makhluk yang berasal khayangan. Hal ini sudah diketahui oleh masyarakat secara turun-temurun melalui lisan. Masyarakat percaya bahwa tari ini memiliki kisah dibaliknya, yaitu mengenai kisah perpisahan antara penghuni boting langi atau negeri kayangan dengan penghuni lino atau bumi. Sebelum perpisahan itu terjadi, boting lagi sempat mengajarkan mengenai cara hidup, bercocok tanam, beternak dan berburu dengan gerakan tangan, badan, dan kaki kepada lino. Hingga gerakan-gerakan tersebut menjadi gerakan tari ritual sebagai cara mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih lino kepada boting lagi.

Disamping cerita mitos diatas, terdapat pula cerita yang menceritakan Tari Kipas Pakarena dengan legenda Tumanurung ri Tamalate yang menceritakan raja atau somba Kerajaan Gowa yang pertama. Berdasarkan legenda tersebut, tari ini pertama kali muncul bersama Putri Tumanurung ri Tamalate dan akhirnya tarian ini menjadi pengiring dan pelengkap pada kebesaran Tumanurung ri Tamalate.

Asal Nama Tari Kipas

Seperti yang telah disebutkan di atas, kata “karena” memiliki arti “main”. Pada zaman dulu, tari ini disebut dengan Tari Sere Jaga yang merupakan sarana ritual warga pada saat sebelum dan sesudah menanam padi. Properti tari yang digunakan adalah seikat padi yang menjadi perumpamaan dewi padi. Tari Sere tersebut dipentaskan semalaman dalam upacara adat. Seiring berkembangnya zaman, terdapat perubahan pada properti yang digunakan yaitu seikat padi yang diganti dengan kipas.

Artikel Terkait

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022 at 4:20 pm

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022 at 3:11 pm

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022 at 2:52 pm

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 1:17 pm

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

Pelajari Juga Tarian Daerah Lainnya

Makna Tari Kipas

Setiap gerakan pada tarian ini mempunyai makna yang menunjukkan sikap masyarakat Gowa dalam menjalani hidup. Gerakan-gerakan penari perempuan memberi gambaran mengenai kesantunan, kepatuhannya, kelembutan, sikap menghormati, dan juga kesetiaan. Gambaran pada gerakan tersebut adalah sifat-sifat yang menggambarkan wanita Gowa. Disamping itu, pria menabuh alat musik tradisional sebagai pengiring tarian dengan gerakannya yang cepat dan menunjukkan gambaran mengenai ketangguhan dan ketangkasan pria Gowa. Maka dari itu, tarian ini juga menjadi simbol kehidupan masyarakat Gowa, selain menjadi tari hiburan rakyat.

Fungsi Tari Kipas

Tari tradisional Kipas memiliki fungsi dan tujuan tertentu ketika tarian ini dipentaskan. Tujuan tersebut antara lain:

  1. Sebagai tari ritual, fungsi yang satu ini dikarenakan adanya kaitan dengan cerita bumi dan kayangan. Tari ini dipentaskan dengan tujuan penyampaian terima kasih kepada bumi dan langit.
  2. Pengiring raja, hingga saat ini Tari Kipas masih difungsikan sebagai tari pengiring Raja Gowa.
  3. Sebagai alat dakwah, gerakan yang dipentaskan mengajarkan mengenai kehidupan manusia yang harus sabar dan tidak putus asa dalam menghadapi tantangan hidup.
  4. Wujud syukur, hal ini karena pada mulanya tarian dipentaskan sebagai wujud syukur terhadap hasil pertanian atau panen yang baik dan melimpah.
  5. Sebagai sarana hiburan, tarian ini juga dipentaskan sebagai hiburan rakyat dan menarik wisatawan untuk datang ke Gowa.

Gerakan Tarian

Pada saat pementasan, tari tradisional Kipas ditarikan oleh 5 hingga 7 penari perempuan dengan menggunakan pakaian adat khas Gowa. Pada gerakan berputar mengikuti arah jarum jam, menunjukkan siklus hidup manusia. Selanjutnya ada gerakan naik turun yang melambangkan roda kehidupan yang dimiliki manusia terkadang berada di atas dan juga dibawah. Sebagian besar gerakan penari dilakukan dengan menggunakan kipas lipat dan gerakan tangan yang lain dengan lemah gemulai. Selain gerak tangan, tarian ini juga diikuti dengan gerak kaki yang memiliki irama yang sama dengan gerak tangan dan tubuh para penari.

Tarian ini memiliki beberapa bagian gerak tari yang ditarikan dengan hati-hati supaya makna tarian dapat tersampaikan dengan baik. Bagian-bagian pada gerak tari memiliki kemiripan sehingga sulit dibedakan bagi orang awam.

Pengiring Tarian

Musik tradisional pengiring tari ini bernama grondong rinci yaitu terdiri dari tabuhan Gandrang Pakarena dan suling. Terdapat 4 hingga 7 orang yang memainkan musik sebagai pengiring. Pukulan pada gendang menunjukkan laki-laki Gowa yang bersifat keras dan tegas. Alat musik dimainkan seirama sehingga menghasilkan suara yang merdu. Meski gerakannya lemah gemulai dan lembut, tari ini memiliki tempo yang cepat dan gerak teratur sehingga tarian ini menjadi unik.

Busana Penari

Penari menggunakan kostum baju adat khas suku Gowa. Kostum tersebut berupa baju yang longgar dengan kain selempang dan mengenakan bawahan sarung khas Sulawesi Selatan. Kostum tersebut yang menjadi pembeda dengan tarian kipas dari daerah yang lain.

Pada bagian kepala, penari mengenakan konde dan hiasan berupa tusuk berwarna emas dan memiliki desain bunga-bunga. Selain itu, penari juga menggunakan aksesoris berupa gelang, kalung, dan anting.

Pelajari Juga Tarian Daerah Lainnya

Tata Rias Penari

Penari dirias dengan riasan yang cukup tebal sehingga tetap terlihat oleh penonton meski dari kejauhan. Tata rias yang digunakan menyesuaikan busana dan warna/jenis kipas yang digunakan oleh penari. Keserasian adalah poin yang utama dalam hal ini karena akan mendukung penampilan penari di atas panggung.

Properti Wajib

Penari wajib membawa kipas dengan jenis kipas lipat yang berukuran besar dengan jumlah 2 buah yang dibawa di tangan kanan dan kirinya. Pada umumnya warna kipas tersebut adalah warna-warna cerah seperti merah, putih, ungu, dan juga kuning. Keterampilan penari disini sangat ditonjolkan karena tarian dibawakan kurang lebih selama 2 jam.

Pola Lantai Tari Kipas

Pada gerak tari, penari harus bekerja sama pada setiap posisi. Mayoritas gerakannya yaitu maju mundur dan gerak ke kiri dan ke kanan. Terdapat pula pola lantai melingkar yang memberi simbol kehidupan manusia.

Hingga saat ini, Tari Kipas Pakarena terus mengalami perkembangan baik dari segi kostum dan gerakan, tentunya ciri khas yang dimiliki tidak ditinggalkan.

Baca juga: Tari Gambyong: Simbol Kelembutan Seorang Wanita

Rekomendasi buat Anda

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *