1. Museum
  2. Museum Biografi
  3. Museum Sejarah

Museum Kesehatan Surabaya dan Keunikan Koleksinya!

Pasti banyak diantara Anak Nusantara yang merasa baru tahu kalau ada Museum Kesehatandi Surabaya. Museum ini benar adanya dan museum tersebut telah lama berdiri di Surabaya. Museum ini sama halnya dengan museum lainnya yang menyimpan banyak cerita serta menyajikan berbagai pengetahuan.

Sayangnya ada beberapa oknum yang menyebarkan hal-hal mistis dan kejadian aneh di museum ini. Padahal, banyak sekali jenis koleksi yang mungkin tidak akan Anak Nusantara temukan di museum lainnya. Sehingga, Museum Kesehatan Surabaya ini menjadi salah satu destinasi liburan sekaligus wisata edukasi yang tepat terkait dengan kesehatan secara meluas.

Penasaran dengan keunikan dan keistimewaan yang dimiliki oleh Museum Kesehatan? Yuk, simak penjelasan lengkapnya bersama Munus!

Sejarah

Pada mulanya kegiatan membangun museum ini dimulai tanpa surat keputusan, sehingga museum ini berdiri tanpa anggaran yang resmi. Koleksi Museum Kesehatan awalnya berasal dari sumbangan ditambah oleh-oleh dari para peneliti sewaktu pulang penelitian yang meliputi seluruh Indonesia.

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Ternyata museum ini sebenarnya memiliki nama resmi sebagai Museum Kesehatan Dr. Adhyatama, MPH. Gedung museum ini telah berdiri sejak tahun 1990. Museum ini tidak diresmikan secara langsung setelah pembangunannya, melainkan baru diresmikan dan dibuka untuk umum tanggal 14 September 2004. Peresmian dilakukan oleh Menteri Kesehatan Indonesia saat itu, yaitu bapak Ahmad Sujuri. Peresmian dilakukan sekaligus dengan penambahan fasilitas perpustakaan dan beberapa ruang audio visual.

Tujuan di bangunnya museum ini bukan hanya untuk sekedar melestarikan warisan budaya saja. Sejarah Museum Kesehatan Surabaya ini juga memiliki tujuan untuk mengabadikan setiap peristiwa penting yang berkaitan pada bidang kesehatan. Pusat Pengembangan Riset Teknologi dan Pelayanan Kesehatan Surabaya mewakili pembangunan museum ini atas dasar inisiasi dari Departemen Kesehatan Indonesia. Harapannya pembangunan museum tersebut, dapat memberikan edukasi dan mengenalkan tokoh, menteri atau peristiwa penting tentang kesehatan kepada masyarakat.

sasana penyembuhan tradisional di museum kesehatan surabaya
Ruang Sasana Penyembuhan Tradisonal, oleh Blog/letsgo2museum

Koleksi Museum Kesehatan

Sama seperti museum pada umumnya, Museum Kesehatan juga memiliki perpustakaan khusus yang menyimpan berbagai literatur tentang kesehatan. Anak Nusantara bisa menemukan dari sejarah, tokoh, penyakit, peralatan, dan beragam hal lainnya seputar kesehatan. Tidak hanya berupa buku, perpustakaan ini juga menyimpan dalam bentuk media lain seperti rekaman, video, kaset, majalah, dan lain sebagainya.

Beberapa koleksi Museum Kesehatan Surabaya terdapat gambar-gambar tokoh yang andil di dunia kesehatan, baik di Indonesia hingga tokoh ternama dunia. Selain itu juga terdapat para menteri dan dokter dunia yang sangat berperan penting pada perkembangan di bidang ilmu kesehatan. Seperti Nona M. Thomas sebagai dokter perempuan pertama dan tokoh-tokoh penting lainnya.

Uniknya lagi, museum ini memiliki koleksi wayang yang berperan di bidang kesehatan pada cerita pewayangan. Wayang tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sadewa, sosok yang memiliki kelebihan dalam melakukan ruwatan sebagai seseorang dapat tertolak oleh bala
  • Limbuk, seorang pemuda yang mempunyai rasa peduli terhadap ilmu kesehatan
  • Abiyasa, berperan sebagai tabib di istana
  • Krisna, tokoh yang memiliki kelebihan untuk menyembuhkan penyakit seseorang dengan menggunakan Bunga Wijaya Kusuma.
  • Raden Samba Wisnubrata, yang juga mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit
gedung museum kesehatan surabaya
Tampak depan Museum Kesehatan Surabaya, oleh Blog/letsgo2museum

Tata Letak

Penataan koleksi di Museum Kesehatan Surabaya ini secara umum dibagi menjadi beberapa ruang menurut jenis koleksi yang dipamerkan. Pembagian ruang tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Sasana Adhyatma
    Ruangan yang menyimpan dan memamerkan berbagai barang bersejarah milik Dr. Adhyatma saat menjadi Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Barang lain yang juga bisa Anda temui yaitu prasasti untuk mengenang beliau.
  2. Sasana Kencana
    Sebuah ruang tersendiri yang digunakan untuk memamerkan barang bersejarah tentang kesehatan. Seperti lencana yang terbuat dari logam mulia serta dekorasi. Tidak hanya itu, ada beberapa surat penghargaan tentang kesehatan yang diterima dan profil dari beberapa pelopor kesehatan juga disimpan di ruangan tersebut.
  3. Sasana Kesehatan Alat Reproduksi
    Di ruangan ini, isinya terfokus pada barang koleksi bagian kesehatan organ reproduksi. Di sini akan Anak Nusantara akan menemukan beragam jenis alat yang digunakan untuk kesehatan reproduksi.
  4. Sasana Genetika
    Anak Nusantara dalam ruangan ini akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam terkait genetika. Pada ruangan ini akan ditunjukan bagaimana silsilah keluarga sebenarnya diturunkan, apa saja yang mewarisi genetika manusia.
  5. Sasana Kesehatan Budaya
    Magis, begitu kira-kira koleksi pada ruangan ini bisa dideskripsikan. Di ruangan ini di pamerkan barang-barang yang pada masanya yakin dan mampu memberikan kesembuhan kepada seseorang yang berobat. Alat-alat medis yang memiliki nilai gaib dan spiritual juga dipajang di museum ini.
  6. Sasana Fauna
    Pada ruang ini akan dijelaskan lebih dalam tentang bakteri dan virus yang mampu menjangkit tubuh manusia. Tidak hanya itu, pula dijelaskan beberapa hewan yang bisa menjadi mediator untuk penyebaran penyakit menular.
  7. Sasana Medik dan Non Medik
    Disini Anak Nusantara akan menyaksikan bagaimana alat medis dan non medis mengalami perubahan dan perbaikan dari masa ke masa.

Bangunan museum yang didalamnya didominasi dengan warna coklat ini, merupakan bagian dari usaha pemerintah untuk tetap melestarikan berbagai warisan budaya. Secara khusus yang berkaitan dengan lingkup dunia kesehatan, mulai dari zaman dulu hingga sekarang.

sasana kencana di museum kesehatan
Ruang Sasana Kencana di Museum Kesehata Surabaya, oleh Blog/letsgo2museum

Lokasi Museum Kesehatan

Museum ini berada di Jalan Indrapura 17 Kemayoran, Krembangan, Surabaya. Akses untuk menuju tempat ini pun juga cukup mudah dari menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan angkutan umum.

Anak Nusantara yang berangkat dari Terminal Bungurasih bisa naik Damri jurusan Tanjung Perak. Namun, jika dari Terminal Joyoboyo naiklah angkutan M dan apabila dari Terminal Bratang maka Anak Nusantara harus naik angkutan N. Setelah memilih angkutan umum yang tepat maka Anak Nusantara bisa langsung turun di Jalan Indrapura.

Tiket Masuk Museum Kesehatan

Harga tiket masuk museum ini bisa dibilang cukup murah. Anak Nusantara bisa mengajak keluarga dan sahabat Anda untuk mengetahui sejarah kesehatan secara luas di Museum Kesehatan ini.

Jam Buka Museum08.30 – 15.00 WIB (Senin – Minggu)
TUTUP pada hari Libur Nasional
Per OrangRp 5.000

Artikel menarik lain tentang Museum atau Monumen di Surabaya :

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Museum Kesehatan Surabaya dan Keunikan Koleksinya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]