Museum Kesehatan Surabaya dan Keunikan Koleksinya!

Museum Kesehatan Surabaya (sumber: Jejak Piknik)
Museum Kesehatan Surabaya (sumber: Jejak Piknik)
Penasaran, keunikan dan keistimewaan yang dimiliki oleh Museum Kesehatan? Yuk, simak penjelasan lengkapnya bersama Munus!
Daftar isi

Pasti banyak diantara Anak Nusantara yang merasa baru tahu kalau ada Museum Kesehatandi Surabaya. Museum ini benar adanya dan museum tersebut telah lama berdiri di Surabaya. Museum ini sama halnya dengan museum lainnya yang menyimpan banyak cerita serta menyajikan berbagai pengetahuan.

Sayangnya ada beberapa oknum yang menyebarkan hal-hal mistis dan kejadian aneh di museum ini. Padahal, banyak sekali jenis koleksi yang mungkin tidak akan Anak Nusantara temukan di museum lainnya. Sehingga, Museum Kesehatan Surabaya ini menjadi salah satu destinasi liburan sekaligus wisata edukasi yang tepat terkait dengan kesehatan secara meluas.

Penasaran dengan keunikan dan keistimewaan yang dimiliki oleh Museum Kesehatan? Yuk, simak penjelasan lengkapnya bersama Munus!

Sejarah

Pada mulanya kegiatan membangun museum ini dimulai tanpa surat keputusan, sehingga museum ini berdiri tanpa anggaran yang resmi. Koleksi Museum Kesehatan awalnya berasal dari sumbangan ditambah oleh-oleh dari para peneliti sewaktu pulang penelitian yang meliputi seluruh Indonesia.

Ternyata museum ini sebenarnya memiliki nama resmi sebagai Museum Kesehatan Dr. Adhyatama, MPH. Gedung museum ini telah berdiri sejak tahun 1990. Museum ini tidak diresmikan secara langsung setelah pembangunannya, melainkan baru diresmikan dan dibuka untuk umum tanggal 14 September 2004. Peresmian dilakukan oleh Menteri Kesehatan Indonesia saat itu, yaitu bapak Ahmad Sujuri. Peresmian dilakukan sekaligus dengan penambahan fasilitas perpustakaan dan beberapa ruang audio visual.

Artikel Terkait

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022 at 4:20 pm

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022 at 3:11 pm

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022 at 2:52 pm

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 23, 2022 at 1:17 pm

    Fenomena sosial selalu berubah seiring dengan perkembangan masyarakat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai fenomena sosial, peneliti harus selalu meneliti apa yang sedang terjadi untuk mendapatkan jawaban. Bagi Kawan Literasi yang tertarik melakukan penelitian sosial, berikut penjelasan lengkapnya.  Pengertian Penelitian Sosial Soerjono Soekanto (2003) mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan ilmiah yang didasari pada sistem analisis, metodologi, The post Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi appeared first on Sma Studioliterasi.

Tujuan di bangunnya museum ini bukan hanya untuk sekedar melestarikan warisan budaya saja. Sejarah Museum Kesehatan Surabaya ini juga memiliki tujuan untuk mengabadikan setiap peristiwa penting yang berkaitan pada bidang kesehatan. Pusat Pengembangan Riset Teknologi dan Pelayanan Kesehatan Surabaya mewakili pembangunan museum ini atas dasar inisiasi dari Departemen Kesehatan Indonesia. Harapannya pembangunan museum tersebut, dapat memberikan edukasi dan mengenalkan tokoh, menteri atau peristiwa penting tentang kesehatan kepada masyarakat.

sasana penyembuhan tradisional di museum kesehatan surabaya
Ruang Sasana Penyembuhan Tradisonal, oleh Blog/letsgo2museum

Koleksi Museum Kesehatan

Sama seperti museum pada umumnya, Museum Kesehatan juga memiliki perpustakaan khusus yang menyimpan berbagai literatur tentang kesehatan. Anak Nusantara bisa menemukan dari sejarah, tokoh, penyakit, peralatan, dan beragam hal lainnya seputar kesehatan. Tidak hanya berupa buku, perpustakaan ini juga menyimpan dalam bentuk media lain seperti rekaman, video, kaset, majalah, dan lain sebagainya.

Beberapa koleksi Museum Kesehatan Surabaya terdapat gambar-gambar tokoh yang andil di dunia kesehatan, baik di Indonesia hingga tokoh ternama dunia. Selain itu juga terdapat para menteri dan dokter dunia yang sangat berperan penting pada perkembangan di bidang ilmu kesehatan. Seperti Nona M. Thomas sebagai dokter perempuan pertama dan tokoh-tokoh penting lainnya.

Uniknya lagi, museum ini memiliki koleksi wayang yang berperan di bidang kesehatan pada cerita pewayangan. Wayang tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sadewa, sosok yang memiliki kelebihan dalam melakukan ruwatan sebagai seseorang dapat tertolak oleh bala
  • Limbuk, seorang pemuda yang mempunyai rasa peduli terhadap ilmu kesehatan
  • Abiyasa, berperan sebagai tabib di istana
  • Krisna, tokoh yang memiliki kelebihan untuk menyembuhkan penyakit seseorang dengan menggunakan Bunga Wijaya Kusuma.
  • Raden Samba Wisnubrata, yang juga mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit
gedung museum kesehatan surabaya
Tampak depan Museum Kesehatan Surabaya, oleh Blog/letsgo2museum

Tata Letak

Penataan koleksi di Museum Kesehatan Surabaya ini secara umum dibagi menjadi beberapa ruang menurut jenis koleksi yang dipamerkan. Pembagian ruang tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Sasana Adhyatma
    Ruangan yang menyimpan dan memamerkan berbagai barang bersejarah milik Dr. Adhyatma saat menjadi Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Barang lain yang juga bisa Anda temui yaitu prasasti untuk mengenang beliau.
  2. Sasana Kencana
    Sebuah ruang tersendiri yang digunakan untuk memamerkan barang bersejarah tentang kesehatan. Seperti lencana yang terbuat dari logam mulia serta dekorasi. Tidak hanya itu, ada beberapa surat penghargaan tentang kesehatan yang diterima dan profil dari beberapa pelopor kesehatan juga disimpan di ruangan tersebut.
  3. Sasana Kesehatan Alat Reproduksi
    Di ruangan ini, isinya terfokus pada barang koleksi bagian kesehatan organ reproduksi. Di sini akan Anak Nusantara akan menemukan beragam jenis alat yang digunakan untuk kesehatan reproduksi.
  4. Sasana Genetika
    Anak Nusantara dalam ruangan ini akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam terkait genetika. Pada ruangan ini akan ditunjukan bagaimana silsilah keluarga sebenarnya diturunkan, apa saja yang mewarisi genetika manusia.
  5. Sasana Kesehatan Budaya
    Magis, begitu kira-kira koleksi pada ruangan ini bisa dideskripsikan. Di ruangan ini di pamerkan barang-barang yang pada masanya yakin dan mampu memberikan kesembuhan kepada seseorang yang berobat. Alat-alat medis yang memiliki nilai gaib dan spiritual juga dipajang di museum ini.
  6. Sasana Fauna
    Pada ruang ini akan dijelaskan lebih dalam tentang bakteri dan virus yang mampu menjangkit tubuh manusia. Tidak hanya itu, pula dijelaskan beberapa hewan yang bisa menjadi mediator untuk penyebaran penyakit menular.
  7. Sasana Medik dan Non Medik
    Disini Anak Nusantara akan menyaksikan bagaimana alat medis dan non medis mengalami perubahan dan perbaikan dari masa ke masa.

Bangunan museum yang didalamnya didominasi dengan warna coklat ini, merupakan bagian dari usaha pemerintah untuk tetap melestarikan berbagai warisan budaya. Secara khusus yang berkaitan dengan lingkup dunia kesehatan, mulai dari zaman dulu hingga sekarang.

sasana kencana di museum kesehatan
Ruang Sasana Kencana di Museum Kesehata Surabaya, oleh Blog/letsgo2museum

Lokasi Museum Kesehatan

Museum ini berada di Jalan Indrapura 17 Kemayoran, Krembangan, Surabaya. Akses untuk menuju tempat ini pun juga cukup mudah dari menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan angkutan umum.

Anak Nusantara yang berangkat dari Terminal Bungurasih bisa naik Damri jurusan Tanjung Perak. Namun, jika dari Terminal Joyoboyo naiklah angkutan M dan apabila dari Terminal Bratang maka Anak Nusantara harus naik angkutan N. Setelah memilih angkutan umum yang tepat maka Anak Nusantara bisa langsung turun di Jalan Indrapura.

Tiket Masuk Museum Kesehatan

Harga tiket masuk museum ini bisa dibilang cukup murah. Anak Nusantara bisa mengajak keluarga dan sahabat Anda untuk mengetahui sejarah kesehatan secara luas di Museum Kesehatan ini.

Jam Buka Museum08.30 – 15.00 WIB (Senin – Minggu)
TUTUP pada hari Libur Nasional
Per OrangRp 5.000

Artikel menarik lain tentang Museum atau Monumen di Surabaya :

Rekomendasi buat Anda

  • Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on Desember 1, 2022

    Molekul merupakan salah satu materi dimata pelajaran kimia. Pada materi ini, Kawan Literasi akan memahami bagaimana kumpulan atom yakni molekul akan saling terikat dalam suatu gaya. Yuk, kita bahas bersama mengenai bentuk molekul dan prinsip prinsip di teorinya.  Apa itu Molekul? Molekul adalah kumpulan atom yang berada dalam susunan tertentu yang diikat oleh gaya kimia. The post <strong>Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia dan Teorinya</strong> appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya
    by Siti Haliza (Studio Literasi) on November 28, 2022

    Parallel structure merupakan pengulangan tata bahasa yang sejajar dalam satu kalimat. Berikut pengertian parallel structure, rumus, dan cara penggunaannya. Artikel Pengertian Parallel Structure, Rumus, & Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya
    by Siti Haliza (Sma Studioliterasi) on November 24, 2022

    Organisasi regional dan global adalah wadah untuk negara-negara yang memiliki tujuan yang sama. Berikut berbagai contoh organisasi regional dan global. The post Mengenal Berbagai Organisasi Regional dan Global & Sejarahnya appeared first on Sma Studioliterasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *