Goa Pindul Jogja: Wisata Mempesona Penuh Legenda

4 min read

Penampakan Cave Tubing di Goa Pindul

Goa Pindul, tempat wisata goa eksotis di kawasan Gunung Kidul yang wajib masuk daftar tempat wisata anda di Jogja. Menyuguhkan pemandangan alam yang bisa anda rasakan sambil berpetualang seru yang tidak bisa anda temukan di tempat lain. Merupakan goa Jogja yang pesonanya sudah terdengar hingga mancanegara.

Goa Pindul menawarkan wisata aliran sungai bawah tanah yang akan memukau mata wisatawan. Wisata eksotis yang terkenal dan menjadi ikon destinasi wisata wajib dari Gunung Kidul ini yang sayang untuk dilewatkan. Sekali datang kesana, anak nusantara pasti akan ketagihan dan merindukan untuk datang kembali. Sensasi berlibur di tempat wisata unik dengan menelusuri sungai di bawah tanah berbentuk goa eksotis yang tak terlupakan.

Sejarah Goa Pindul Jogja

Selain menyuguhkan keindahan alam, sejarah Goa Pindul Jogja juga harus anak nusantara ketahui. Goa ini diresmikan pada 10 Oktober 2010. Goa yang diperkirakan sudah terbentuk sejak berjuta-juta tahun yang lalu ini termasuk goa yang terbentuk secara alami. Awalnya goa dan aliran sungainya digunakan warga setempat untuk melakukan aktivitas sehari-hari, diantaranya mandi, cuci baju, memancing dan kegiatan lainnya. Kondisi air yang bersih menjadi faktor utama warga menggunakan aliran sungai tersebut.

Selain sejarah Goa Pindul Jogja, tempat wisata ini juga diliputi kisah legenda. Terdapat cerita tentang dua orang utusan Senopati bernama Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan yang diperintah untuk membunuh seorang bayi. Namun kedua utusan tersebut tidak melakukan perintah tersebut dan hanya berniat memandikan bayi tersebut. Selama mencari tempat memandikan bayi tersebut, Ki Juru Mertani menginjak tanah yang tidak sengaja membuat sebuah lubang. Setelah diamati lebih teliti, di bawah lubang ternyata ada aliran air yang jernih. Mereka berdua memutuskan memandikan bayi tersebut disana.

Legenda Goa Pindul Jogja berlanjut ketika Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan sudah sampai di bibir sungai gua. Saat akan memandikan bayi, pipi bayi tersebut tidak sengaja terbentur dinding gua. Secara tidak sengaja tempat terbenturnya pipi bayi tadi diberi nama Pindul yang kependekan dari “Pipi” dan “Kebendul” yang artinya terbentur.

Versi Legenda Goa Pindul Jogja lainnya juga ada lho! Penamaan goa tersebut berawal dari kisah perjalanan Joko Singlulung yang menelusuri hutan lebat, sungai, hingga gua untuk mencari ayahnya. Saat Joko Singlulung sedang menelusuri 7 gua dengan aliran sungai di bawahnya, kepala Joko terbentur batu gua. Sehingga dikisahkan secara turun temurun gua tempat kepala Joko terbentur diberi nama Pindul dengan arti yang sama seperti versi pertama.

Daya Tarik Wisata Goa Pindul Jogja

Liburan di Goa Pindul Jogja Bersama teman dan keluarga
Goa Pindul Gunung Kidul wisata cave tubing, foto oleh dolanyok,com

Wisata Goa Pindul yang berada di kawasan Gunung Kidul dikenal menawarkan sensasi menyusuri sungai di dalam goa menggunakan ban pelampung. Kegiatan tersebut dikenal dengan nama cave tubing. Menelusuri sungai di goa ini di mulai dari mulut gua sampai akhir gua yang hanya bisa dilewati satu ban pelampung. Sehingga selama di dalam goa, wisatawan akan bergantian satu per satu untuk melewatinya. Goa tersebut memiliki panjang 350 meter dengan lebar 5 meter, selain itu jarak antara permukaan air dengan langit-langit gua adalah 4 meter. Rata-rata wisatawan akan menghabiskan waktu menelusuri sungai goa kurang lebih satu jam. Di akhir penelusuran wisatawan akan disuguhkan pemandangan sebuah dam. Diketahui pula bahwa aliran sungai wisata Goa Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh yang terkenal bersejarah.

Di dalam goa terdapat batuan stalaktit yang tumbuh hingga ke dasar sungai sehingga menyerupai pilar batu. Batuan stalaktit adalah batuan sejenis mineral sekunder yang memiliki ciri khas menggantung di langit-langit gua kapur. Selain itu juga terdapat beberapa batuan karst yang masih hidup dan masih meneteskan air. Tak hanya dipenuhi batuan stalaktit dan karst, goa ini merupakan habitat beberapa kelelawar. Sehingga jangan kaget jika anda akan menemukan kelelawar yang sedang berterbangan. Menjadikan momen menelusuri sungai di dalam goa yang semakin menarik dengan perpaduan batuan purba dan hewan yang hidup tentram berdampingan.

Jika belum puas cave tubing, anda bisa melanjutkan penelusuran wisata air dengan menelusuri Kali Oyo yang diberi nama river tubing. Disana anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam sungai yang memiliki panjang 1.500 meter yang bisa anda nikmati dengan menaiki ban. Keindahan sungai semakin memukau mata karena di sepanjang sungai dikelilingi oleh tebing-tebing setinggi 8-10 meter. Paket wisata lengkap yang harus anda rasakan setidaknya sekali seumur hidup.

Spot Foto

Pemandangan goa yang berpadu sempurna dengan aliran sungai membuat wisatawan wajib berswafoto mengabadikan momen terbaik selagi di goa tersebut. Goa tersebut dibagi ke dalam tiga zona, yang terdiri dari zona terang, remang, dan gelap. Di zona remang terdapat sebuah ruangan goa yang memiliki lubang di langit-langit goa dimana sinar matahari bisa masuk melalui celah-celahnya. Sehingga menghasilkan pemandangan eksotis yang siap memukau mata. Tempat tersebut laris didatangi wisatawan sebagai spot foto andalan goa Jogja ini. Dengan adanya celah tersebut, wisatawan bisa memasuki goa dengan jalur vertikal atau lompat dari atas goa.

Fasilitas

Tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, goa ini juga tidak lupa menyediakan berbagai fasilitas pendukung untuk memanjakan wisatawan. Fasilitas terpenting yang harus anda gunakan adalah jaket pelampung dan ban tubing. Anda diwajibkan menggunakan barang tersebut demi keselamatan diri. Setelah puas berwisata, mungkin anda akan merasa terlalu lelah untuk kembali ke pusat kota. Tak perlu khawatir karena disana terdapat beberapa penginapan dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 50.000 yang lengkap dengan fasilitas pendukung.

Selain itu bagi anda yang datang beramai-ramai, pengelola wisata menyediakan lahan parkir yang cukup diisi dengan 30 unit bus, 50 unit mobil, dan ratusan sepeda motor. Jika lapar tak perlu bingung mencari tempat makan, karena di sekitar kawasan wisata terdapat rumah makan yang menyediakan berbagai macam menu masakan Jawa yang nikmat. Kawasan wisata yang totalitas dalam memanjakan wisatawan.

Keunikan 

Pesona bagian dalam dari Goa pindul jogja
Goa Pindul, Wisata Cave Tubing, foto oleh goapindul,com

Banyak yang percaya bahwa goa tersebut juga sering digunakan untuk semedi atau bertapa oleh orang-orang zaman dahulu. Hal ini dikarenakan suasana di dalam goa yang hening dengan aliran sungai yang segar membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk berdiam diri. Tak hanya itu, banyak yang percaya juga dengan adanya kekuatan magis di dalam goa. Konon, ada sebuah batu berbentuk lonjong menjulang ke atas yang bisa membuat pria menjadi perkasa jika memegangnya. Dan tidak sedikit wisatawan pria yang percaya dan mencoba memegang batu lonjong tersebut. Tak mau kalah dengan manfaat batu untuk pria, ada juga cerita magis yang banyak dipercaya oleh wisatawan wanita. Dikisahkan bahwa ada satu bagian atap goa yang secara terus menerus meneteskan air. Dipercaya bahwa tetesan air tersebut bisa membuat wanita menjadi lebih cantik jika terkena tetesan air tersebut. Kira-kira, Anak Nusantara masuk team percaya atau tidak percaya nih?

Tips Berkunjung

Tertarik untuk datang berwisata ke goa eksotis Jogja ini? Eits, sebelum itu ada beberapa tips yang bisa anda ikuti sebelum datang kesana. Sesuai kata pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati”, persiapkan kebutuhan anda dengan tips-tips berkunjung ala Munus. Check this out!

  1. Jika anda datang beramai-ramai, usahakan melakukan reservasi untuk mendapatkan pemandu serta menghindari hari ramai. Hal ini dimaksudkan untuk tetap bisa menikmati Goa Pindul Jogja dengan nyaman.
  2. Gunakan jasa tour guide yang siap memandu anda berwisata di Yogyakarta.
  3. Bawalah baju ganti karena selama penelusuran di dalam goa anda akan terkena air dan baju anda menjadi basah.
  4. Pastikan pengemudi kendaraan anda mahir dalam berkendara. Hal ini dikarenakan jalur untuk menuju kawasan wisata Goa Pindul Jogja terdiri dari banyak tikungan. Jadi tetap berhati-hati ya!
  5. Jangan ikuti jasa pengantar gratis yang banyak ditulis di sepanjang jalan menuju kawasan wisata goa untuk menghindari calo.

Lokasi dan Rute ke Goa Pindul Jogja

Kawasan wisata Goa Pindul Jogja berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Mudahnya, jika anda sudah berada di kawasan yang banyak batuan karst, maka anda sudah dekat dengan goa tersebut. Tepatnya berlokasi di 7 km arah utara Kota Wonosari. Goa tersebut bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil dengan melewati Jalan Wonosari. 

Jika anda datang dari arah Kota Yogyakarta, usahakan untuk terlebih dahulu ke pusat informasi kawasan wisata Goa Pindul Jogja. Anda bisa melewati Jalan Bausasran untuk sampai ke Jalan Bung Tarjo/Jalan Gayam. Jalan sejauh 500 meter di Jalan Bung Tarjo/Jalan Gayam, beloklah ke kanan untuk berada di Jalan Kenari. Tak jauh dari situ, beloklah ke kiri untuk ke Jalan Kusumanegara dan belok kanan ke Jalan Gedongkuning. Maka anda akan berada di Jalan Wonosari untuk sampai di Jalan Alternatif Karangmojo. Tujuan anda akan berada di sebelah kanan Jalan Situs Sokoliman.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja

Berikut informasi jam buka operasional dan harga tiket masuk Goa Pindul Jogja

Jam Buka
Setiap hari07.00 – 16.30 WIB
Jam Operasional
Kategori Harga 
Tiket masukRp10.000 / orang
Tiket Masuk Goa Pindul JogjaRp40.000 / orang
Wisata River Tubing OyoRp60.000 / orang
Wisata Goa CristalRp30.000 / orang
Wisata Goa GelatikRp35.000 / orang
Wisata Goa TandingRp150.000 / orang
Wisata Susur Goa SritiRp35.000 / orang
Wisata Off RoadRp450.000 / orang
Outbound Rp50.000 / orang
Rincian Hatga Goa Pindul Jogja

Last Updated on Oktober 19, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll up