1. Alat Musik Tradisional
  2. Informasi

Cara Memainkan Gambus, Alat Musik Melodis Tradisional Riau

Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali ini sampai habis, ya!

Sejarah Alat Musik Tradisional Gambus 

Sebelum membahas cara memainkan gambus, ada baiknya untuk mengetahui seluk-beluk dan sejarah alat musik tradisional yang satu ini. Alat musik gambus merupakan salah satu alat musik berdawai yang cara memainkannya adalah dengan dipetik. 

Sumber: Wikipedia

Melansir dari laman warisan budaya kemendikbud, musik gambus diyakini berasal dari Arab dan masuk ke Indonesia saat Islam mulai menyebar di daerah Sumatera. Lalu, orang suku Melayu pun menjadikan gambus sebagai salah satu alat musiknya. 

Alat musik gambus juga sangat lekat dengan budaya islam, tercermin dari penggunaan gambus sendiri yang kerap mengiringi hadroh, tari rebana, serta qasidah. Gambus juga menjadi salah satu media penyebaran agama islam selama periode islamisasi terjadi di daerah Ketapang, Kalimantan, oleh orang suku Melayu yang menetap di sana.  

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Baca juga: Suling: Sejarah, Fungsi, Hingga Cara Memainkannya

Bentuk Alat Musik Gambus

Gambus memiliki bentuk yang seperti dayung dan berbahan dasar kayu kempas, menggiris, atau kayu merbau. Potongan kayu ini lalu diberi cekungan hingga memiliki bentuk yang tipis dan ringan. Panjang alat musik ini biasanya sekitar 1 meter. Seperti gitar, bagian-bagiannya mempunyai fungsi masing-masing. Namun, bedanya, alat musik gambus tidak mempunyai fret atau kolom-kolom layaknya gitar. 

Di bagian kepala, ada motif yang secara khusus diukir berbentuk daun serai dan buah delima. Motif ukiran ini tentu juga mempunyai makna simbolis, yaitu sebagai harapan umat manusia yang mencintai seni, layaknya pohon yang tetap menghasilkan buah. 

Sumber: Wikipedia

Selain itu, gambus juga mempunyai senar yang letaknya melintang dari bawah hingga ujung peg senar, menumpu pada bagian atas bridge yang diletakkan di atas kulit. Kulit ini berfungsi sebagai soundboard, berbahan dasar kulit hewan seperti domba. Bagian kulit ini terpasang dengan cara dipaku dengan paku berukuran kecil. Gambus biasanya mempunyai 5 hingga 7 buah senar. Gambus pun menghasilkan suara sangat khas berkat resonansinya yang unik. Lalu, alat musik gambus juga hanya menghasilkan suara melodis. 

Baca juga: Alat Musik Talempong: Sejarah, Fungsi, hingga Jenisnya

Perbedaan Gambus Timur Tengah dan Nusantara

Gambus Nusantara mempunyai ciri khas yang membedakan gambus dari Timur Tengah yang merupakan negara asalnya. Alat musik ini sudah mengalami perkembangan saat masuk ke Indonesia. Dengan sentuhan budaya lokal telah memberikan identitas tersendiri untuk alat musik gambus di Indonesia.

Perbedaan gambus Indonesia dengan Timur Tengah terlihat dari segi ukurannya. Gambus di Indonesia mempunyai ukuran yang lebih kecil, ramping, dan ringan sehingga memudahkan pemain untuk bergerak.

Sumber: Wikipedia

Gambus Indonesia biasanya menggunakan senar dari nilon sehingga memberikan suara yang khas. Selain itu, jumlah senarnya juga berbeda. Untuk gambus Indonesia biasanya terdiri dari 10 hingga 12 senar. Sementara, untuk gambus Timur Tengah hanya memiliki 6 senar.

Sentuhan budaya lokal juga mempengaruhi gambus di Indonesia. Hal ini dapat terlihat dari teknik bermainnya, ornamen musiknya, dan jenis musik yang dihasilkan. Sehingga, dengan adanya sentuhan budaya lokal menjadikan gembus Indonesia mempunyai identitas yang unik.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Tari Sirih Kuning, Busana, dan Gerakannya

Cara Memainkan Gambus 

Ini dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk memainkan gambus, diantaranya posisi, cara memetik, teknik penjarian, dan sistem set tuning-nya. 

1. Posisi Pemain Gambus

Pemain musik gambus biasanya memainkan alat musik ini dengan posisi berdiri, duduk bersila, maupun duduk di kursi. Jika bermain dengan posisi berdiri, tangan sebelah kiri berfungsi untuk menekan bagian leher gambus, sedangkan tangan kanan berguna untuk menopang berat alat musik dan memetik senar atau dawainya. 

Lalu, bila memainkannya dengan duduk bersila, kamu bisa menyangga gambus dan memetik senar dengan plektrum atau pick dengan tangan kanan, kemudian menekan kunci gambus dengan tangan kiri. Cara yang sama juga bisa kamu aplikasikan jika memainkannya dengan posisi duduk di kursi. 

2. Cara Memetik 

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa cara memainkan gambus ini sedikit berbeda dengan gitar. Perbedaannya ada pada cara memetik senar kedua alat musik ini. Untuk alat musik gitar, biasanya senar dipetik dengan teknik up-down picking, atau dari atas ke bawah dan kembali lagi ke atas. Sementara itu, cara memainkan gambus yaitu umumnya dengan memetik senar dengan teknik down picking, yaitu ke arah bawah.

Sumber: Wikipedia

3. Teknik Fingering (Penjarian)

Selain cara memetik, ada satu lagi cara memainkan gambus yang perlu kamu perhatikan, yaitu teknik penjarian atau fingering. Hal ini perlu kamu tahu untuk menghasilkan bunyi notasi atau tangga nada yang tepat, sesuai yang kamu inginkan. Secara umum, teknik penjarian ini bergantung pada lagu yang hendak seseorang mainkan. 

4. Sistem Tuning (Pelarasan)

Yang terakhir, kamu juga perlu mengetahui sistem tuning atau menyelaraskan nada pada setiap dawai alat musik ini. Jika tidak, akan sulit untuk membuat bunyi yang pas dan tidak sumbang. Untuk melakukan stem alat musik gambus, kamu bisa mengikuti panduan tangga nada di bawah ini:

  • Senar ke-1 paling bawah bernada D 
  • Senar ke-2 bernada A 
  • Senar ke-3 bernada E
  • Senar ke-4 bernada B
  • Senar ke-5 bernada E

Baca juga: Alat Musik Kolintang: Asal Daerah dan Cara Memainkanya

Nah, itu dia ulasan singkat mengenai alat musik tradisional gambus dan cara memainkan gambus yang bisa kamu praktikkan. Dengan belajar cara memainkan gambus, kamu juga turut berpartisipasi untuk melestarikan kesenian tradisional Indonesia, Anak Nusantara! Semoga artikel kali ini bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Memainkan Gambus, Alat Musik Melodis Tradisional Riau

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]