1. Tari Daerah

Mengenal Busana Tari Tor Tor, Ini Sejarah Hingga Propertinya

Tari Tor Tor adalah salah satu budaya khas Sumatra Utara yang biasa ditampilkan saat perayaan hari besar. Busana tari Tor Tor sendiri menggunakan kain ulos berwarna. Bagi masyarakat Batak Toba, warna tersebut menyimbolkan duka cita atau kematian.

Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai busana tari Tor Tor, yuk simak artikel berikut sampai habis! 

Sejarah Tari Tor Tor

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai busana tari Tor Tor, sebaiknya cari tahu dulu tentang sejarahnya.

Tari Tor Tor adalah kesenian tradisional khas Sumatra Utara yang dianggap telah ada sejak zaman Batak Purba.

Artikel Terkait

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 19, 2024 at 3:48 am

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai The post Mengenal Hukum Ohm: Definisi, Bunyi dan Soal Pembahasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 16, 2024 at 7:42 am

    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien The post Mengenal Alat Pembayaran Beserta Jenis-Jenisnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on Februari 15, 2024 at 5:17 am

    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita The post Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui appeared first on Sma Studioliterasi.

Sumber lain menyebutkan bahwa tari Tor Tor diciptakan oleh seorang seniman bernama Togarma Naibaho dan ditampilkan pada upacara panen padi, ritual penyembuhan, hingga kematian.

Di sisi lain, berdasarkan data penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Theosofi dan Peradaban Islam pada tahun 2022, tari Tor Tor termasuk sebagai kesenian persembahan untuk upacara-upacara tertentu, seperti penyambutan tamu, pesta pernikahan, hingga panen.

Fungsi Tari Tor Tor

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tari Tor Tor memiliki sejumlah fungsi bagi masyarakat suku Batak. Adapun fungsi tari Tor Tor yaitu sebagai berikut.

  • Pengiring ritual kematian.
  • Pengiring acara hajatan.
  • Penyambutan tamu istimewa.
  • Pengiring upacara panen padi.
  • Perayaan hari besar.
  • Ritual meminta petunjuk atas suatu musibah.
  • Pengiring upacara pernikahan.

Busana Tari Tor Tor

Pakaian Tari Tor Tor
Sumber: Romadecade

Dalam menampilkan tarian Tor Tor, para penari atau disebut juga dengan istilah manortor harus mengenakan busana khusus.

Adapun busana tari Tor Tor adalah sebagai berikut.

1. Pakaian

Salah satu busana tari Tor Tor yang perlu diperhatikan adalah pakaian para manortor. Pada umumnya, busana tari Tor Tor yang digunakan oleh para penari memiliki warna hitam.

Bagi masyarakat Batak Toba, warna hitam menyimbolkan ungkapan duka cita. Di samping itu, busana tari Tor Tor yang dikenakan penari pria dan wanita juga berbeda.

Pada penari pria, busana tari Tor Tor yang dikenakan adalah ulos hitam, jas, serta celana. 

Sementara itu, pada penari wanita, busana tari Tor Tor yang digunakan adalah ulos berwarna hitam, baju kebaya, serta rok.

2. Ikat Kepala

Busana tari Tor Tor berikutnya adalah ikat kepala yang terbuat dari kain ulos halus. Cara menggunakan busana satu ini adalah dengan melingkarkannya di kepala.

Di samping itu, ikat kepala untuk tari Tor Tor biasanya juga dilengkapi pernak-pernik sebagai hiasan yang berbentuk menyerupai bunga kuningan.

Pada manortor wanita, selain menggunakan ikat kepala, penari juga mengenakan tusuk konde berwarna emas. 

Hal ini bertujuan untuk mempercantik para penari dan meningkatkan estetika dalam tarian.

Baca juga: Mengenal Tari Gandrung: Sejarah, Makna, Fungsi, & Keunikan

3. Kain Ulos

Terakhir, busana tari Tor Tor adalah kain ulos. Selendang khas Batak ini adalah busana tari Tor Tor yang tak boleh ditinggalkan dan melambangkan persembahan, kesakralan, serta pemersatu.

Di samping itu, kain ulos memiliki makna yang berbeda-beda pada setiap warnanya. Misalnya adalah pada kain ulos warna hitam yang menyimbolkan duka cita atau kematian.

Sementara itu, kain ulos berwarna merah melambangkan kehidupan dan putih menyimbolkan kesucian.

Nah, penggunaan kain ulos sendiri juga berbeda-beda, sesuai dengan tujuan dari tari Tor Tor. Misalnya, pada upacara kematian, kain ulos dikenakan di pundak.

Properti Lain dalam Tari Tor Tor

Selain mengenakan busana tari Tor Tor, tradisi khas Sumatra Utara ini juga memiliki properti lain yang tak kalah pentingnya.

Adapun sejumlah properti tari Tor Tor adalah sebagai berikut.

1. Alat Musik Pengiring

Salah satu properti tari Tor Tor adalah alat musik pengiringnya, yaitu Gondang Sembilan. Masyarakat adat Batak Mandailing menyebutnya sebagai Gendang Sembilan, sesuai dengan jumlahnya.

Nah, jumlah alat musik pengiring ini berbeda pada setiap daerah. Misalnya, pada masyarakat Batak Pakpak, jumlah gendang yang digunakan adalah sebanyak 8 buah.

Sementara itu, pada masyarakat suku Batak Simalungun, gendang yang dimainkan adalah sebanyak 7 buah.

Ada pula masyarakat yang hanya menggunakan 2 buah gendang, yaitu suku Batak Karo.

2. Patung Batu

Properti tari Tor Tor lainnya adalah patung batu. Properti satu ini biasanya digunakan apabila tari Tor Tor ditampilkan untuk acara ritual keagamaan.

Nah, dalam upacara keagamaan, fungsi dari patung batu ini adalah sebagai media untuk dimasuki roh leluhur agar dapat bergerak sesuai dengan irama musiknya.

Jadi, apabila tari Tor Tor dipertunjukkan untuk tujuan lainnya, maka patung batu tidak diperlukan.

3. Tas

Tas juga termasuk sebagai properti yang digunakan pada tari Tor Tor Tandok dan Sepitu Cawan. Adapun tas yang dikenakan berasal dari bahan anyaman.

Di samping itu, tas pada penampilan tari Tor Tor ini akan digunakan di penghujung pertunjukan.

4. Cawan atau Mangkuk Kecil

Properti tari Tor Tor yang terakhir adalah mangkuk kecil atau cawan. Properti ini digunakan khusus untuk tari Tor Tor Sepitu Cawan.

Jadi, para penari diharuskan membawa cawan atau mangkuk kecil yang diletakkan pada sejumlah bagian tubuhnya, mulai dari kepala, lengan, hingga telapak tangan.

Demikian sederet informasi mengenai busana tari Tor Tor beserta sejarah hingga properti lainnya.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sebagai salah satu tradisi khas Sumatra Utara, busana tari Tor Tor mengenakan produk kebudayaannya, yaitu kain ulos.

Di samping itu, tarian ini banyak dipertunjukkan di berbagai acara, seperti perayaan hari besar, pengiring hajatan, hingga penyambutan tamu istimewa.

Untuk mengetahui informasi lain seputar kebudayaan Indonesia, yuk kunjungi blog Museum Nusantara!

Baca juga: Pola Tari Gending Sriwijaya, Sejarah, Makna, & Fungsi

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Busana Tari Tor Tor, Ini Sejarah Hingga Propertinya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Busur panah telah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia selama berabad-abad. Seni memanah telah diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi bangsa. Artikel ini akan mengenalkan Anda pada berbagai bentuk busur panah yang ada di Indonesia, serta memberikan wawasan tentang pentingnya seni memanah dalam masyarakat Indonesia. Apa Itu Busur […]

    Trending

    Terdapat ragam seni pertunjukan yang terkenal di Bali, salah satunya adalah tari Topeng Sidakarya yang merupakan bagian penting dari upacara keagamaan Hindu. Tari Topeng Sidakarya adalah salah satu seni pertunjukan di Bali yang dipentaskan dari generasi ke generasi. Biasanya, seni pertunjukan ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara sakral kaum Hindu, yaitu upacara Yadnya. Seni tari […]
    Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai bentuk budaya, salah satunya tari tradisional. Tari Melemang merupakan tarian adat yang berasal dari Tanjungpisau negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Tari malemang mengisahkan tentang kehidupan kerajaan di Bintan pada zaman dahulu. Tarian ini mengombinasikn unsur tari, musik, serta nyanyian menjadi kombinasi tari yang indah. Ingin tahu lebih […]
    Alat musik gambus adalah salah satu alat musik tradisional Riau yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarah, musik tradisional ini lekat dengan budaya islam. Bentuknya memang sekilas mirip dengan gitar, namun cara memainkan gambus ini sedikit berbeda, Anak Nusantara. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat musik gambus dan cara memainkannya, simak artikel Museum Nusantara kali […]
    Selama berabad-abad, Indonesia telah menjadi rumah bagi keberagaman budaya yang kaya, termasuk seni tari tradisional yang memukau. Tari tradisional Indonesia bukan hanya sekadar gerakan-gerakan artistik yang menakjubkan, tetapi juga mewakili identitas, sejarah, dan nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah. Tari Sirih Kuning adalah salah satu jenis tarian tradisional yang memiliki akar budaya kuat bagi masyarakat Betawi. […]